Langsung ke konten utama

Fungsi Logika IF dan Operator Logika Dalam EXCEL



Microsoft Excel sangat erat kaitannya dengan rumus-rumus yang terdapat pada formula cell. Hal ini dikarenakan excel berguna untuk mengolah data.
Diantara banyaknya rumus-rumus excel, salah satu yang cukup sering dipakai adalah fungsi IF dan operator logika (AND dan OR). Kali ini, saya akan mengupas sedikit mengenai penggunaan fungsi-fungsi ini.

FUNGSI IF

Fungsi IF berguna untuk menganalogikan suatu data dengan melakukan perbandingan. Fungsi IF akan menghasilkan nilai tertentu jika evaluasi kita terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya jika evaluasi tersebut tidak terpenuhi (FALSE).
Rumus IF sendiri digambarkan sebagai berikut:

=IF(ekspresi logika;perintah 1;perintah 2)

Langsung saja kita praktikan fungsi IF ini ke dalam data
  • Buka Microsoft Excel, bukalah data yang ingin kita evaluasi. Sebagai contoh, berikut data yang saya pakai


  • Pada data ini, saya mencoba untuk mencari grade untuk setiap nama yang tertera berdasarkan nilai rata-rata yang sebelumnya telah saya cari. Untuk mencari nilai rata-rata bisa dengan rumus =AVERAGE(Nilai A;Nilai B) lalu tekan enter. Sedangkan untuk grade nya sendiri saya memakai data berikut
Jika nilai rata-rata >=80 maka grade nya adalah A
Jika nilai rata-rata >=70 maka grade nya adalah B
Jika nilai rata-rata >=60 maka grade nya adalah C
Jika nilai rata-rata >=50 maka grade nya adalah D
Jika nilai rata-rata   <50 maka grade nya adalah E

  • Untuk rumusnya, saya memakai fungsi IF seperti ini
=IF(F2>=80;"A";IF(F2>=70;"B";IF(F2>=60;"C";IF(F2>=50;"D";"E"))))

Jangan lupa, setelah menuliskan rumus kedalam formula, tekan ENTER
Maka hasil yang didapat adalah seperti ini


OPERATOR LOGIKA (AND DAN OR)

Fungsi OR merupakan salah satu fungsi logika dimana menguji kondisi yang ditentukan pengguna dan mengembalikan data BENAR (atau semacamnya). Jika ada kondisi lain yang telah ditetapkan pengguna tidak dapat terpenuhi, dan SALAH (atau semacamnya) jika tidak ada satu pun kondisi yang diterapkan

Sedangkan fungsi AND merupakan fungsi logika untuk menentukan apakah semua kondisi dalam sebuah tes adalah TRUE, dan jika salah satu kondisi data tidak sesuai maka adalah FALSE.

Untuk lebih jelasnya, beginilah cara kerja fungsi OR dan AND
EKSPRESI  1
EKSPRESI 2
AND
OR
F
F
F
F
T
F
F
T
F
T
F
T
T
T
T
T
Ket: 
F=False      T=True

Pertama, saya akan praktikan terlebih dahulu fungsi OR
  • Bukalah data yang ingin anda evaluasi. Berikut data yang saya gunakan
  • Dalam data ini, saya akan membuat keterangan LULUS jika grade yang dimiliki adalah A-C, dan TIDAK LULUS jika grade yang dimiliki dibawah C.
  • Rumus yang saya gunakan adalah
=IF(OR(G2="A";G2="B";G2="C");"LULUS";"TIDAK LULUS")
  • Maka hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut


Lalu bagaimana penggunaan fungsi AND? 
  • Berikut data yang saya pakai untuk fungsi AND
  • Disini saya mencoba untuk membuat keterangan LULUS dan TIDAK LULUS dengan data sebagai berikut:
Jika lulusan SD maka nilai tes wawancara harus lebih dari 75 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan MI maka nilai tes wawancara harus lebih dari 80 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan SMK maka nilai tes wawancara harus lebih dari 80 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan S1 maka nilai tes wawancara harus lebih dari 90 untuk dinyatakan lulus
  • Untuk mengisi kolom keterangan tersebut, kita juga memerlukan fungsi IF untuk menyatakan lulus atau tidaknya orang tersebut. Maka saya menggunakan gabungan dari fungsi IF, OR, serta AND
=IF(OR(AND(C2="SD";D2>75);AND(C2="MI";D2>80);AND(C2="SMK";D2>=80);AND(C2="S1";D2>=90));"LULUS";"TIDAK LULUS")
  • Maka hasil yang saya dapat adalah sebagai berikut


Nah itu tadi beberapa rumus fungsi IF serta AND dan OR. Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman semua yang merasa kesulitan dengan fungsi-fungsi ini ya. Cheers!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Ms.Excel (Penggunaan Fungsi String, Vlookup, Dan Hlookup)

Pada materi kali ini, kita akan membahas tentang soal kasus dalam microsoft excel dengan menggunakan fungsi string, vlookup, dan hlookup. Langsung saja kita ke soal pertama Soal Pertama Dalam menjawab soal ini, kita harus mencari terlebih dahulu jenis kendaraan yang dipakai. Oleh karena itu tabel 'Jenis Kendaraan' kita masukan fungsi =IF(C3="SD";"Sedan";IF(C3="TR";"Truk";"Mini Bus")) Untuk tabel 'Tarif Sewa Per Hari' kita masukan fungsi =IF(E3="Truk";300000;IF(E3="Mini Bus";400000;200000)) Lalu berikutnya table 'biaya sewa' kita masukan fungsi =(D3*F3) Lalu table 'bonus' menggunakan fungsi =IF(D3>7;G3*7,5%;"0") Table terakhir yaitu 'yang dibayar' menggunakan fungsi =(G3-H3) Maka hasil yang didapat akan seperti ini Soal Kedua KODE PENERBIT AL Air Langga AO Andi Offset ...

Kasus Pelanggaran Etika, Privasi, dan Keamanan Informasi

Dewasa ini, kasus pelanggaran etika, privasi, dan keamanan informasi kerap bermunculan karena ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Di era teknologi modern, informasi bisa sangat cepat menyebar sehingga kasus-kasus seperti ini pun semakin meluas.  Lalu kasus seperti apakah yang pernah melanggar etika, privasi dan keamanan informasi? Tulisan kali ini akan membahasnya. Let's check it out! 1.      Isu Etika Pembobolan Situs KPU Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah (25 th), konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di  http://tnp.kpu.go.id  dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama unik seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection (pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) unt...

Cara Membuat Table, Kolom Koran, Space Number, dan Daftar Isi di Ms. Word

Membuat table, kolom koran, space number, dan daftar isi mungkin terbilang mudah bagi kebanyakan orang. Namun bagi yang belum tahu, tidak usah bingung! Kalian bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Check it out! 1. Cara Membuat Table Pertama pilih menu insert yang berada pada menu bar, lalu pilih menu table Setelah itu kalian bisa langsung membuat table dengan memilih jumlah kolom dan baris yang sesuai keinginan kita karena sudah tersedia di menu tersebut. Namun jika ingin membuat kolom dan baris yang berbeda, kalian bisa mengklik insert table hingga akan muncul tampilan seperti ini Kalian bisa langsung mengisikan jumlah kolom dan baris sesuai keinginan kalian. Jika sudah sesuai, tinggal klik ok saja. Dan table mu sudah siap untuk digunakan! 2. Cara Membuat Kolom Koran Ketika kalian melihat koran mungkin kalian akan bertanya-tanya, bagaimana cara membuat kolom-kolom berikut dengan rapi? Caranya mudah sekali Pertama yang harus kalian lakukan adala...