Langsung ke konten utama

Fungsi Logika IF dan Operator Logika Dalam EXCEL



Microsoft Excel sangat erat kaitannya dengan rumus-rumus yang terdapat pada formula cell. Hal ini dikarenakan excel berguna untuk mengolah data.
Diantara banyaknya rumus-rumus excel, salah satu yang cukup sering dipakai adalah fungsi IF dan operator logika (AND dan OR). Kali ini, saya akan mengupas sedikit mengenai penggunaan fungsi-fungsi ini.

FUNGSI IF

Fungsi IF berguna untuk menganalogikan suatu data dengan melakukan perbandingan. Fungsi IF akan menghasilkan nilai tertentu jika evaluasi kita terpenuhi (TRUE) dan akan menghasilkan nilai lainnya jika evaluasi tersebut tidak terpenuhi (FALSE).
Rumus IF sendiri digambarkan sebagai berikut:

=IF(ekspresi logika;perintah 1;perintah 2)

Langsung saja kita praktikan fungsi IF ini ke dalam data
  • Buka Microsoft Excel, bukalah data yang ingin kita evaluasi. Sebagai contoh, berikut data yang saya pakai


  • Pada data ini, saya mencoba untuk mencari grade untuk setiap nama yang tertera berdasarkan nilai rata-rata yang sebelumnya telah saya cari. Untuk mencari nilai rata-rata bisa dengan rumus =AVERAGE(Nilai A;Nilai B) lalu tekan enter. Sedangkan untuk grade nya sendiri saya memakai data berikut
Jika nilai rata-rata >=80 maka grade nya adalah A
Jika nilai rata-rata >=70 maka grade nya adalah B
Jika nilai rata-rata >=60 maka grade nya adalah C
Jika nilai rata-rata >=50 maka grade nya adalah D
Jika nilai rata-rata   <50 maka grade nya adalah E

  • Untuk rumusnya, saya memakai fungsi IF seperti ini
=IF(F2>=80;"A";IF(F2>=70;"B";IF(F2>=60;"C";IF(F2>=50;"D";"E"))))

Jangan lupa, setelah menuliskan rumus kedalam formula, tekan ENTER
Maka hasil yang didapat adalah seperti ini


OPERATOR LOGIKA (AND DAN OR)

Fungsi OR merupakan salah satu fungsi logika dimana menguji kondisi yang ditentukan pengguna dan mengembalikan data BENAR (atau semacamnya). Jika ada kondisi lain yang telah ditetapkan pengguna tidak dapat terpenuhi, dan SALAH (atau semacamnya) jika tidak ada satu pun kondisi yang diterapkan

Sedangkan fungsi AND merupakan fungsi logika untuk menentukan apakah semua kondisi dalam sebuah tes adalah TRUE, dan jika salah satu kondisi data tidak sesuai maka adalah FALSE.

Untuk lebih jelasnya, beginilah cara kerja fungsi OR dan AND
EKSPRESI  1
EKSPRESI 2
AND
OR
F
F
F
F
T
F
F
T
F
T
F
T
T
T
T
T
Ket: 
F=False      T=True

Pertama, saya akan praktikan terlebih dahulu fungsi OR
  • Bukalah data yang ingin anda evaluasi. Berikut data yang saya gunakan
  • Dalam data ini, saya akan membuat keterangan LULUS jika grade yang dimiliki adalah A-C, dan TIDAK LULUS jika grade yang dimiliki dibawah C.
  • Rumus yang saya gunakan adalah
=IF(OR(G2="A";G2="B";G2="C");"LULUS";"TIDAK LULUS")
  • Maka hasil yang saya dapatkan adalah sebagai berikut


Lalu bagaimana penggunaan fungsi AND? 
  • Berikut data yang saya pakai untuk fungsi AND
  • Disini saya mencoba untuk membuat keterangan LULUS dan TIDAK LULUS dengan data sebagai berikut:
Jika lulusan SD maka nilai tes wawancara harus lebih dari 75 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan MI maka nilai tes wawancara harus lebih dari 80 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan SMK maka nilai tes wawancara harus lebih dari 80 untuk dinyatakan lulus
Jika lulusan S1 maka nilai tes wawancara harus lebih dari 90 untuk dinyatakan lulus
  • Untuk mengisi kolom keterangan tersebut, kita juga memerlukan fungsi IF untuk menyatakan lulus atau tidaknya orang tersebut. Maka saya menggunakan gabungan dari fungsi IF, OR, serta AND
=IF(OR(AND(C2="SD";D2>75);AND(C2="MI";D2>80);AND(C2="SMK";D2>=80);AND(C2="S1";D2>=90));"LULUS";"TIDAK LULUS")
  • Maka hasil yang saya dapat adalah sebagai berikut


Nah itu tadi beberapa rumus fungsi IF serta AND dan OR. Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman semua yang merasa kesulitan dengan fungsi-fungsi ini ya. Cheers!






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Ms.Excel (Penggunaan Fungsi String, Vlookup, Dan Hlookup)

Pada materi kali ini, kita akan membahas tentang soal kasus dalam microsoft excel dengan menggunakan fungsi string, vlookup, dan hlookup. Langsung saja kita ke soal pertama Soal Pertama Dalam menjawab soal ini, kita harus mencari terlebih dahulu jenis kendaraan yang dipakai. Oleh karena itu tabel 'Jenis Kendaraan' kita masukan fungsi =IF(C3="SD";"Sedan";IF(C3="TR";"Truk";"Mini Bus")) Untuk tabel 'Tarif Sewa Per Hari' kita masukan fungsi =IF(E3="Truk";300000;IF(E3="Mini Bus";400000;200000)) Lalu berikutnya table 'biaya sewa' kita masukan fungsi =(D3*F3) Lalu table 'bonus' menggunakan fungsi =IF(D3>7;G3*7,5%;"0") Table terakhir yaitu 'yang dibayar' menggunakan fungsi =(G3-H3) Maka hasil yang didapat akan seperti ini Soal Kedua KODE PENERBIT AL Air Langga AO Andi Offset

DATABASE

Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Berikut contoh database yang saya buat menggunakan ms. excel Jika isi database tersebut menggunakan huruf, maka kita sebagai programmer akan menggunakan hu

Penggunaan Rumus Excel IF, AND, dan OR Beserta Contoh Kasusnya

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai penggunaan IF, OR, dan AND. Nah pada kali ini kita akan coba kembali mempraktekkan rumus-rumus tersebut ke dalam soal kasus. Langsung saja check it out! SOAL 1 No Nama Status Gaji Bonus 1 Sophie Married 200000 2 Bilal Single 200000 3 Nabila Married 100000 4 Fatih Single 200000 5 Timur Married 100000 Jika statusnya married dan gajinya 100000, maka dapat bonus 5000, yang lainnya bonus 0 Jawaban: Yang menjadi poin dalam hal ini adalah kata "dan". Penggunaan kata dan merujuk pada status married dan gaji harus sepadan, tidak bisa hanya salah satu saja Maka dari itu untuk soal ini kita menggunakan rumus: =IF(AND(C3="Married";D3=100000);5000;0) Maka hasil yang didapat akan menjadi seperti ini: No Nama Status Gaji Bonus