Langsung ke konten utama

Cara Membuat Table, Kolom Koran, Space Number, dan Daftar Isi di Ms. Word


Membuat table, kolom koran, space number, dan daftar isi mungkin terbilang mudah bagi kebanyakan orang. Namun bagi yang belum tahu, tidak usah bingung! Kalian bisa mengikuti cara-cara di bawah ini. Check it out!

1. Cara Membuat Table
  • Pertama pilih menu insert yang berada pada menu bar, lalu pilih menu table

  • Setelah itu kalian bisa langsung membuat table dengan memilih jumlah kolom dan baris yang sesuai keinginan kita karena sudah tersedia di menu tersebut. Namun jika ingin membuat kolom dan baris yang berbeda, kalian bisa mengklik insert table hingga akan muncul tampilan seperti ini

  • Kalian bisa langsung mengisikan jumlah kolom dan baris sesuai keinginan kalian. Jika sudah sesuai, tinggal klik ok saja. Dan table mu sudah siap untuk digunakan!


2. Cara Membuat Kolom Koran

Ketika kalian melihat koran mungkin kalian akan bertanya-tanya, bagaimana cara membuat kolom-kolom berikut dengan rapi? Caranya mudah sekali

  • Pertama yang harus kalian lakukan adalah memblok terlebih dahulu tulisan yang ingin kalian buat menjadi kolom. Jika sudah, pilih menu page layout yang ada di menu bar. Lalu klik colums

  • Setelah mengklik colums, maka akan muncul berbagai macam pilihan kolom. kalian bisa langsung memilih kolom yang diinginkan. Namun jika ingin membuat kolom yang berbeda, maka kalian bisa mengklik more colums, yang kemudian akan muncul tampilan seperti ini
     
  • Kalian bisa memilih jumlah kolom yang diinginkan. Jika sudah, klik ok. Maka kolom pun sudah selesai dibuat. Yeay!


3. Cara Membuat Space Number
  • Yang pertama adalah pilih menu home yang berada pada menu bar, klik menu numbering

  • Setelah mengklik numbering, maka akan muncul pilihan jenis number yang bisa kalian pilih. Kalian bisa langsung memilih jenis yang kalian mau

  • Jika ingin melihat model yang berbeda, kalian bisa mengklik define new number format yang kemudian tampilannya akan jadi seperti ini

  • Kalian bisa langsung memilih model yang kalian inginkan berikut beserta letaknya. Jika sudah, klik OK. Maka numbering pun selesai dibuat, mudah kan?

4. Cara Membuat Daftar Isi

Daftar isi adalah bagian yang cukup penting dalam pembuatan makalah. Namun pembuatan daftar isi yang terbilang ribet dan sulit diatur membuat sang penulis makalah cukup kelimpungan. Tapi tenang! Yuk intip cara buat daftar isi yang simple dan gak ribet

  • Buka makalah yang akan dibuatkan daftar isi. Blok bagian bab yang akan dimasukan ke dalam daftar isi. Setelah itu klik menu home, di bagian styles klik tanda panah ke bawah seperti ini

  • Setelah di klik, pilih save selection as a new style yang kemudian akan muncul tampilan seperti ini

  • Kalian bisa memberikan nama apa saja terserah kalian. Jika sudah, klik OK
  • Masih dalam keadaan tulisan di blok, klik menu reference yang terdapat pada menu bar, lalu pilih add text. Pilihlah opsi level 1

  • Jika sudah, tandai sub heading kalian lalu pilih menu home di menu bar, dan pilih heading 2 yang terdapat di bagian styles. Jika formatnya berubah, kalian bisa mengubahnya secara manual

  • Berikutnya, masih dalam keadaan  sub heading terblok, klik menu reference dan pilih add text. Pilihlah opsi level 2

  • Klik menu reference, lalu klik tanda panah yang terdapat pada menu table of contents

  • Pilihlah opsi insert table of contents, lalu klik OK jika muncul tampilan seperti ini

  • And this is it! Daftar isi pun sudah jadi. Terlihat lebih rapi kan dibandingkan kita menuliskannya secara manual?


Itu dia segelintir cara-cara yang terbilang cukup mudah namun sangat berguna dalam penulisan di word! Semoga tulisan kali ini dapat membantu kalian semua ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Soal Ms.Excel (Penggunaan Fungsi String, Vlookup, Dan Hlookup)

Pada materi kali ini, kita akan membahas tentang soal kasus dalam microsoft excel dengan menggunakan fungsi string, vlookup, dan hlookup. Langsung saja kita ke soal pertama Soal Pertama Dalam menjawab soal ini, kita harus mencari terlebih dahulu jenis kendaraan yang dipakai. Oleh karena itu tabel 'Jenis Kendaraan' kita masukan fungsi =IF(C3="SD";"Sedan";IF(C3="TR";"Truk";"Mini Bus")) Untuk tabel 'Tarif Sewa Per Hari' kita masukan fungsi =IF(E3="Truk";300000;IF(E3="Mini Bus";400000;200000)) Lalu berikutnya table 'biaya sewa' kita masukan fungsi =(D3*F3) Lalu table 'bonus' menggunakan fungsi =IF(D3>7;G3*7,5%;"0") Table terakhir yaitu 'yang dibayar' menggunakan fungsi =(G3-H3) Maka hasil yang didapat akan seperti ini Soal Kedua KODE PENERBIT AL Air Langga AO Andi Offset

DATABASE

Pangkalan data atau basis data (bahasa Inggris: database) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi. Istilah "basis data" berawal dari ilmu komputer. Meskipun kemudian artinya semakin luas, memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika, artikel ini mengenai basis data komputer. Catatan yang mirip dengan basis data sebenarnya sudah ada sebelum revolusi industri yaitu dalam bentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan data yang berhubungan dengan bisnis. Berikut contoh database yang saya buat menggunakan ms. excel Jika isi database tersebut menggunakan huruf, maka kita sebagai programmer akan menggunakan hu

Penggunaan Rumus Excel IF, AND, dan OR Beserta Contoh Kasusnya

Sebelumnya, kita telah membahas mengenai penggunaan IF, OR, dan AND. Nah pada kali ini kita akan coba kembali mempraktekkan rumus-rumus tersebut ke dalam soal kasus. Langsung saja check it out! SOAL 1 No Nama Status Gaji Bonus 1 Sophie Married 200000 2 Bilal Single 200000 3 Nabila Married 100000 4 Fatih Single 200000 5 Timur Married 100000 Jika statusnya married dan gajinya 100000, maka dapat bonus 5000, yang lainnya bonus 0 Jawaban: Yang menjadi poin dalam hal ini adalah kata "dan". Penggunaan kata dan merujuk pada status married dan gaji harus sepadan, tidak bisa hanya salah satu saja Maka dari itu untuk soal ini kita menggunakan rumus: =IF(AND(C3="Married";D3=100000);5000;0) Maka hasil yang didapat akan menjadi seperti ini: No Nama Status Gaji Bonus